Advertisement

Tips Merancang Bisnis Plan Sederhana

Perencanaan adalah faktor penting dalam segala bidang. Semua kesuksesan berawal dari perencanaan (Bisnis Plan) yang bagus. Apalagi hal ini berkaitan dengan yang namanya urusan bisnis.

Membuat business plan adalah kunci sukses dalam bisnis. Sayangnya masih banyak yang belum tahu cara membuat bisnis plan, sederhana sekalipun. Padahal dengan mengikuti tips merancang bisnis plan sederhana ini bukanlah hal yang sulit, bahkan mungkin terdengar sangat familiar.

Langkah awal membuat business plan adalah dengan mendata sumber-sumber pendapatan bisnis. Pendapatan bisnis bisa digolongkan sebagai pendapatan utama dan pendapatan lain-laian. Bisnis yang bagus biasanya memiliki lebih dari satu sumber pendapatan. Makin banyak sumber pendapatan akan lebih baik. Setelah diketahui sumbernya, buatlah proyeksi besaran pendapatan dari setiap sumber. Proyeksi ini bisa dibuat untuk setahun hingga lima tahun ke depan.

Mendata pengeluaran menjadi langkah selanjutnya dalam tips membuat business plan sederhana. Membuat proyeksi pengeluaran juga sangat penting. Agar bisa dibandingkan dengan besarnya pendapatan yang diperoleh. Jangan sampai pengeluaran lebih besar dari jumlah pendapatan.

Pengeluaran dapat dibagi dua golongan yaitu pengeluaran tetap dan tidak tetap. Dengan mengetahui dua golongan pengeluaran ini dapat diperkirakan pengeluaran mana yang akan bertambah besar jika terjadi peningkatan produksi. Perhitungan mengenai pengeluaran juga digunakan untuk memperkirakan jumlah modal yang dibutuhkan untuk menutupi biaya operasional selama bisnis belum menghasilkan pendapatan.

Rencana mengenai tenaga kerja juga perlu dimasukkan dalam business plan. Karena jumlah tenaga kerja akan mempengaruhi produksi (pendapatan) dan jumlah pengeluaran (gaji pegawai).

Jangan lupa untuk memasukkan biaya promosi dan pemasaran. Dua biaya ini punya peran penting dalam menentukan keberhasilan bisnis. Tentu saja jumlah dana yang dianggarkan untuk promosi dan pemasaran bisa disesuaikan dengan jumlah anggaran yang tersedia. Bila anggaran terbatas tak perlu memaksakan untuk melakukan kegiatan promosi besar-besaran. Proporsional adalah kata kunci untuk menentukan proyeksi biaya.

BACA JUGA  Strategi Pemasaran Online yang Efektif

Di masa-masa awal bisnis tentu wajar saja bila pengeluaran masih lebih besar dari pendapatan. Tapi dengan tips membuat business plan sederhana maka tak perlu waktu lama bisnis akan memetik keuntungan. Oke Sekian, Semoga Bermanfaat!