Advertisement

Tips Mencari Modal Usaha Dari Orang Lain (Pihak Eksternal)

Anda tertarik untuk berbisnis tapi tidak punya modal usaha? Jangan takut! Berikut ini akan kita bahas mengenai tips mencari modal usaha. Sudah siapkah Anda menjadi pengusaha? Yuk kita simak artikel berikut ini.

Modal usaha merupakan hal terpenting dalam memulai suatu bisnis. Tanpa modal usaha, bisnis apa pun tidak akan pernah berjalan. Anda tidak harus mempunyai modal itu dari diri sendiri, modal dari pihak luar pun bisa menjadi modal usaha. Malah kebanyakan pengusaha, modal usahanya didapat dari pihak luar.

Berikut ini adalah tips mencari modal usaha dari orang lain (Pihak Eksternal).
  • Hal pertama yang harus dipersiapkan untuk mencari modal usaha adalah membuat proposal pengajuan kredit modal usaha. Proposal ini isinya mirip dengan business plan yang Anda buat sebagai acuan Anda ketika Anda akan memulai bisnis. Dalam proposal ajuan kedit ini harus dicantumkan latar belakang Anda ingin berbisnis, tujuan berbisnis, perincian penggunaan modal usaha, karyawan, peralatan dan perlengkapan usaha, bahan baku usaha, promosi/iklan, analisis untung-rugi, solusi permasalahan, kemampuan pengembalian usaha, dan hal-hal lain yang behubungan dengan usaha Anda.
  • Proposal yang sudah disiapkan di atas biasanya digunakan untuk pengajuan kredit modal usaha tanpa agunan (jaminan). Akan tetapi walau pun demikian bisa saja pihak pemberi modal meminta agunan/jaminan kredit. Untuk itu, persiapkan jaminannya.
  • Modal usaha juga bisa diperoleh dari pegadaian. Untuk bisa mendapatkan modal dari pegadaian, Anda harus mempunyai jaminan yang biasanya berupa barang berharga seperti emas.
  • Modal usaha juga bisa didapat dari LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat) yang menyediakan modal usaha (dana ventura). Dari lembaga seperti ini, biasanya Anda akan diminta proposal seperti halnya pengajuan kredit ke Bank. Tak hanya itu saja, wawancara tekadang diperlukan sebagai bagian dari tahap seleksi pemberian modal usaha.
  • Modal usaha juga bisa didapat dari pinjaman/kredit koperasi. Syaratnya biasanya mudah. Anda hanya harus menjadi anggota dari koperasi tersebut. Paling-paling, kewajiban Anda hanya perlu membayar keanggotaan, tabungan pokok, tabungan wajib, dan mencicil kredit dengan baik setiap bulan.
BACA JUGA  Tips Menghindari Krisis Keuangan

Nah itulah beberapa di antaranya tips mencari modal usaha yang bisa Anda lakukan jika membutuhkan modal usaha saat akan berbisnis. Untuk bisa mencari modal ini, pastikan Anda selalu update dengan bebagai informasi. Jangan lupa juga untuk selalu tepat membayar kewajiban mencicil kredit modal usaha Anda agar nama baik Anda terjaga. Jadi jika seaktu-waktu butuh tambahan modal, Anda tetap dipercaya. Selamat mencoba, semoga sukses.