Advertisement

Tips Dan Cara Buka Usaha Laundry

Pada awalnya jasa laundry memang hanya merambah masyarakat menengah ke atas, tetapi saat ini bisnis ini telah semakin marak keberadaannya terutama di lingkungan mahasiswa, pegawai kantor, hingga rumah tangga sebagai pelanggannya.
Di daerah-daerah pinggiran kota hingga pedesaan sekarang pun sudah sangat banyak yang membuka bisnis rumahan ini.

Walaupun bukan merupakan bisnis yang tergolong baru di Indonesia, tetapi buka usaha laundry tetap menjanjikan imbal balik yang menggiurkan bila Anda merintis bisnis ini di lokasi yang tepat.

Dan untuk langkah langkahnya, inilah cara untuk awal membuka bisnis laundry ini :

1. Survey Lokasi Usaha
Langkah pertama ini penting untuk mendapatkan informasi tentang respon dan minat masyarakat akan usaha yang hendak Anda rintis.
Bila hasil survey tersebut mencapai angka 705 – 80% atau bahkan lebih maka peluang usaha Anda untuk sukses tentu lebih besar.

Tetapi seandainya tidak maka jangan berkecil hati dulu karena masyarakat sekitar mungkin belum mengenal kebiasaan tersebut.Cobalah dengan cara membudayakan kebiasaan mencucikan pakaian ini agar calon pelanggan mengetahui keuntungan yang bisa mereka dapatkan.

Bagaimana pun buka usaha laundry ini akan mempunyai peluang sukses yang lebih besar bila lokasi bisnis berada di tempat yang strategis.
Lingkungan kost mahasiswa, mes pegawai kantor, kawasan rumah kontrakan, serta lingkungan perumahan adalah lokasi yang cocok untuk merintis bisnis ini.

2. Alat Yang Dibutuhkan
Gunakan peralatan yang sesuai dengan besar usaha yang Anda jalankan. Jika Anda baru saja memulai usaha jasa laundry, sebaiknya mengunakan peralatan yang seadanya saja
yang terpenting pakaian yang di laundry bisa bersih dan juga rapi.

Untuk memenuhi kebutuhan akan perangkat utama buka usaha laundry ini yaitu mesin cuci, untuk menghemat biaya Anda bisa membeli produk second.
Tetapi cermati dengan baik bahwa perangkat tersebut masih sangat layak pakai.

BACA JUGA  Cara Dan Tips Membuka Usaha Bubur Ayam

Bila produk yang Anda beli berharga terlalu murah tetapi ke depannya nanti sering rusak maka justru akan memboroskan modal.

3. Pengetahuan Tehnik Mencuci
Anda harus tahu cara mencuci pakaian dengan baik. Mengetahui berbagai jenis kain, serta bagaimana cara mencuci dan mengeringkan dengan baik.

Kenali jenis noda yang menempel pada pakaian Anda, gunakan sabun pembersih yang tepat agar bisa membersihkan noda tanpa merusak warna kain intinya Pelajari teknik-teknik mencuci agar pakaian tidak kusam dan luntur. Hal ini penting bila hasil cucian baik, bersih dan wangi maka costumer akan kembali lagi ke tempat Anda.

4. Promosi Yang Unik
Lakukan promosi yang juga banyak dilakukan oleh bisnis-bisnis modern yang dirintis saat ini yaitu dengan media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan lain sebagainya.

Pastikan untuk membuat iklan yang unik agar bisnis yang Anda jalankan sukses menarik perhatian calon pelanggan. Bonus, diskon, hadiah, undian, memberikan bonus cuci gratis kepada pelanggan setelah sekian kali mencucikan pakaiannya atau sejenisnya juga bisa menjadi ide menarik untuk menarik minat pelanggan.
Meskipun pada umumnya promosi sederhana dilakukan dari mulut kemulut.

5, Pelayanan Yang Baik
Bila dalam membuka usaha jasa Anda ingin agar bisnis ini bisa bertahan dalam jangka waktu yang panjang, maka utamakan servis yang memuaskan terhadap pelanggan termasuk pada bisnis buka usaha laundry.

Hal ini bisa sekaligus menjadi promosi karena 1 pelanggan yang puas akan mempromosikan bisnis Anda kepada orang lain sehingga Anda bisa memperoleh tambahan pelanggan.

Sebaliknya, seorang pelanggan yang bercerita kepada orang lain bahwa layanan bisnis Anda kurang memuaskan maka hal ini bisa merugikan Anda secara jangka panjang.
Nah, semoga ulasan cara buka usaha laundry ini bisa menjadi referensi yang berguna bagi Anda.

BACA JUGA  Tips Pencatatan Stock Opname Produk Pada Usaha Sembako

Ok mungkin itu gambaran untuk pengawalan membuka usaha bisnis cucian laundry menurut versi DirektoriBisnis.Net, Semoga bermanfaat 🙂