Direktori Bisnis

Plus & Minus Membuka Usaha Waralaba

  • 0

Plus & Minus Membuka Usaha Waralaba | DirektoriBisnis.net

Bisnis waralaba saat ini sedang menjamur di Indonesia. Anda bisa temukan bisnis ini di pinggir-pinggir jalan, mulai dari yang sudah punya nama dan tempat sampai yang menjalankan dengan gerobak-gerobak.

Banyak juga bisnis waralaba ini yang mengiklankan bisnisnya social media seperti facebook, twitter atau bahkan menggunakan pamflet-pamflet di pinggir jalan. Seperti halnya bisnis-bisnis lain, membuka usaha waralaba juga mempunyai plus minusnya. Berikut plus minus membuka usaha waralaba :

Kelebihan Membuka Warlaba (Plus+):

  1. Anda sebagai pemula (pewaralaba) akan diajarkan secara detail mengenai bisnis waralaba, mulai dari mempersiapkan, memasarkan produk, cara promosi yang efektif, sampai merancang design dan perlengkapan yang digunakan.
  2. Perusahaan induk waralaba biasanya juga memiliki standard prosedur akuntansi sendiri. Jadi Anda tidak perlu pusing untuk melakukan proses pembukuan.
  3. Anda sebagai perawalaba juga tidak perlu memikirkan konsep jualan Anda. Biasanya perusahaan induk sudah mempunyai konsep sendiri dan Anda tinggal mengikutinya.
  4. Anda akan di pantau terus dan selalu dievaluasi perkembangan bisnis Anda oleh perusahaan induk, hal ini dapat memperkecil kesalahan atau kerugian dalam menjalnakan bisnis ini.
  5. Jika Anda harus meminjam modal usaha ke Bank untuk bisnis waralaba ini, pihak Bank akan lebih percaya karena nama perusahaan induk waralaba Anda.

Kekurangan Membuka Waralaba (Minus-):

  1. Modal awal membuka usaha ini relatif tinggi dibanding usaha yang Anda rintis sendiri dari nol.
  2. Anda tetap harus membayar royalty kepada perusahaan induk sesuai dengan perjanjian awal  baik usaha Anda dalam keadaan untung mupun merugi.
  3. Anda menjadi kurang kreatif. Biasanya usaha waralaba ini mewajibkan keseragaman, mulai dari papan reklame, produk yang ditawarkan sampai seragam pelayannya. Hal ini dapat membuat Anda menjadi tidak berkembang dan hanya mengikuti pola  yang sudah ada.
  4. Kontrol lokasi yang minim. Sering kali perusahaan induk tidak memperdulikan lokasi jualan usaha waralaba Anda dan hanya mengejar omzet bisnis.  Dengan banyaknya usaha waralaba yang sama dalam satu lokasi membuat persaingan menjadi tidak sehat dan akan mempengaruhi omset bisnis Anda.
  5. Biaya bahan baku yang relative lebih tinggi dari harga pasar. Perusahaan induk biasanya mengharuskan Anda untuk membeli semu bahan-bahan baku kepada mereka. Harga yang ditawarkan biasnya akan lebih tinggi disbanding harga bahan baku jika Anda beli sendiri di pasar.

Sebelum menjalankan bisnis waralaba Anda harus benar2 memikirkan plus minus membuka bisnis waralaba ini. Pelajari terlebih dahulu mengenai produknya dan sistemnya. Modal awal yang besar, lokasi yang strategis  bukan menjadi faktor utama dalam meraup keuntungan dalam bisnis ini.

Iklan

INFO: You have Ads-Block for Plus & Minus Membuka Usaha Waralaba , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)INFO: You have Ads-Block for Plus & Minus Membuka Usaha Waralaba , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

Plus & Minus Membuka Usaha Waralaba by Direktori Bisnis

Anda sedang membaca artikel tentang: Plus & Minus Membuka Usaha Waralaba via DirektoriBisnis.net. jika Anda suka dengan Artikel ini silahkan like, bagikan, atau komentar. Anda juga dapat berlangganan Artikel setiap hari, Gratis! melalui form Subscribe di atas. Artikel akan dikirimkan otomatis ke email Anda setiap hari.
  • 0
Top Recent People Searches: Plus & Minus Membuka Usaha Waralaba

INFO: You have Ads-Block, Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

DMCA.com Protection Status

Iklan

Artikel Terkait Plus & Minus Membuka Usaha Waralaba


Disable AdBlocker di Browser Anda...

Ketahuilah bahwa DirektoriBisnis.net hanya mengandalkan Iklan untuk membiayai operasional penerbitan konten gratis untuk Anda. Silahkan non-aktifkan pemblokir iklan (AdBlock) di browser Anda.