Direktori Bisnis

Peluang Usaha Rumahan Makanan Nata De Coco

  • 0

Peluang Usaha Rumahan Makanan Nata De Coco | DirektoriBisnis.net

Nata de coco adalah hasil olahan dari air kelapa yang difermentasi dengan bantuan sejenis mikroba. Nata de coco pada umumnya berbentuk kotak dengan tekstur padat dan kenyal seperti kolang-kaling atau jeli.

Nata berasal dari bahasa Spanyol yang artinya terapung-apung.  Nata de coco mula-mula dikenal di Filipina karena memang Filipina adalah negara penghasil kelapa yang cukup besar di dunia.  Nata de coco ini mulai masuk dan dikenal di Indonesia pada tahun 70-an tetapi saat itu masih cukup mahal dan hanya kalangan tertentu saja yang bisa menikmatinya.

Seiring dengan waktu nata de coco mulai dikenal luas dengan harga relatif murah.  Sekarang ini nata de coco sudah banyak kita jumpai  dalam minuman atau dalam es campur/es kombinasi, sehingga bisa menjadi bisnis rumahan makanan yang cukup menjanjikan.

Bahan Utama Nata De coco adalah Kelapa (Air Kelapa)

Di Indonesia produksi air kelapa cukup melimpah sehingga banyak terbuang.  Air kelapa yang dibiarkan akan menjadi asam.  Oleh karena itu harus diolah supaya memiliki nilai ekonomis , salah satunya dibuat nata de coco.

Air kelapa yang digunakan harus dari kelapa yang matang optimal yaitu tidak terlalu tua juga tidak terlalu muda.

Cara Pembuatan Nata De Coco :

  1. Siapkan 2 liter air kelapa segar yang sudah disaring terlebih dahulu.
  2. Tambahkan 150 gram gula pasir lalu didihkan.
  3. Dinginkan hingga mencapai suhu kamar.  Lalu tambahkan  40 ml asam cuka sampai diperoleh derajat keasaman (pH) 3-4.  Asam ini diperlukan untuk menciptakan lingkungan yang baik untuk kerja mikroba Acetobacter xylinum.  Acetobacter xylinum adalah starter yang sangat menentukan keberhasilan produk nata de coco. Bakteri ini dibuat dari ampas nanas yang diperam selama 2- 3 minggu.
  4. Campurkan starter kedalam rebusan air kelapa lalu tuang dalam wadah dengan ketinggian kurang lebih 5-6 cm. Selanjutnya diperam selama 1-2 minggu. Setelah 1-2 minggu biasanya lapisan terbentuk dengan ketebalan  kurang lebih 1-1,5 cm.
  5. Potong-potong dadu, lalu dicuci dibawah air mengalir untuk menghilangkan bau asam.  Lalu direbus sekitar 10 menit untuk menghilangkan bau asam.
  6. Selanjutnya karena nata de coco yang dibuat untuk bisnis rumahan makanan maka harus diberi rasa dengan cara direbus dalam rebusan air gula dan diberi aroma tambahan seperti : vanila atau jeruk.  Nata de coco direbus selama 15 menit saja lalu didinginkan.

Pengemasan Nata De Coco
Pengemasan untuk bisnis rumahan makanan bisa dalam kantong plastik yang telah diberi label/merk, juga bisa dalam cup plastik. Kebersihan dalam pengolahan dan pengemasan harus diperhatikan.  Supaya segar dan tahan lama bisa disimpan dalam lemari es atau bisa langsung dipasarkan.

Pemasaran Nata De Coco
Pemasaran nata de coco bisa dijual di pasar tradisional, pasar swalayan ataupun langsung ke penjual minuman yang menggunakan nata de coco.

Iklan

INFO: You have Ads-Block for Peluang Usaha Rumahan Makanan Nata De Coco , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)INFO: You have Ads-Block for Peluang Usaha Rumahan Makanan Nata De Coco , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

Peluang Usaha Rumahan Makanan Nata De Coco by Direktori Bisnis

Anda sedang membaca artikel tentang: Peluang Usaha Rumahan Makanan Nata De Coco via DirektoriBisnis.net. jika Anda suka dengan Artikel ini silahkan like, bagikan, atau komentar. Anda juga dapat berlangganan Artikel setiap hari, Gratis! melalui form Subscribe di atas. Artikel akan dikirimkan otomatis ke email Anda setiap hari.
  • 0
Top Recent People Searches: Peluang Usaha Rumahan Makanan Nata De Coco

INFO: You have Ads-Block, Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

DMCA.com Protection Status

Iklan

Artikel Terkait Peluang Usaha Rumahan Makanan Nata De Coco


Disable AdBlocker di Browser Anda...

Ketahuilah bahwa DirektoriBisnis.net hanya mengandalkan Iklan untuk membiayai operasional penerbitan konten gratis untuk Anda. Silahkan non-aktifkan pemblokir iklan (AdBlock) di browser Anda.