Advertisement

Peluang Usaha, Bisnis di Rumah? ya Bisnis Sembako!

Untuk menjadi pengusaha, bisa dimulai dari membuka usaha sendiri di rumah. apalagi jika lokasi rumah Anda sangat strategis di pusat penduduk serta memiliki lahan tempat milik sendiri, Ini merupakn langkah awal untuk memiliki usaha sendiri.

Keuntungan memiliki usaha sendiri di rumah:
– Menghemat biaya lokasi atau sewa tempat.
Karena untuk sewa tempat, pastilah dibutuhkan biaya yang tidak sedikit.
– Rumah yang kita tempati, mempunyai nilai lebih.
Karena rumah itu bukan hanya sekedar kita tempati untuk tidur, tapi juga bisa dipakai untuk usaha, yang tentunya diharapkan mempunyai hasil yang banyak dan optimal.

Usaha bisnis sembako, merupakan salah satu peluang usaha yang bisa dijalankan dari rumah dan menempati rumah sendiri. Tanpa perlu harus menyewa tempat.

Keuntungan membuka usaha bisnis sembako, sbb:

  • Produk sembako adalah produk yang pasti dibutuhkan oleh semua orang. Ini berarti ada kebutuhan atau dan pasarnya sangat bagus.
  • Tempat usaha mudah dilihat, mudah dicapai, dan mudah dicari. Ini berarti dekat dengan pembeli, serta loaksi yang strategis juga. Karena, untuk produk seperti sembako, biasanya konsumen cenderung yang mendatangi.
  • Harga jual sembako yang sangat kompetitif.
  • Mudah untuk dipromosikan. Promosi dari mulut ke mulut juga lebih efektif.

Usaha sembako adalah bisnis yang diminati oleh banyak kalangan, baik yang memiliki modal besar maupun kecil.

Yang perlu diperhatikan dalam menjalankan usaha bisnis sembako:

  • Dalam menjual barang-barang sembako diperlukan packaging produk, cara menjual, dan cara menawarkan produk yang berbeda dari yang lainnya, supaya lebih menarik konsumen.
  • Tempat harus strategis dan mudah dijangkau oleh orang banyak, tempat usaha harus mudah dilihat, mudah dicapai, mudah dicari.
  • Harga dapat menentukan barang laku dijual atau tidak. Jualah barang sembako dengan harga yang kompetitif. Jadi dalam menentukan harga, sebaiknya mengacu pada dua pendekatan, yaitu pendekatan produksi dan pendekatan pasar. Pendekatan produksi adalah menjual sembako dengan mengambil keuntungan di atas biaya produksi/operasional. Pendekatan pasar adalah menjual dengan standar harga pasar.
  • Promosikan barang dengan jujur. Kalau perlu, berikan diskon harga pada pelanggan yang setia.
  • Layanilah konsumen dengan ramah tamah. Karena sebenarnya kita tidak hanya menjual barang saja, tapi kita juga menjual jasa dalam bentuk pelayanan.
  • Janganlah menjual produk yang tidak sesuai dengan kualitas yang sebenarnya.
  • Perhatikan juga masa kadaluarsanya. Karena hal ini akan membuat konsumen/pelanggan menjadi tidak percaya lagi dan kabur.
BACA JUGA  Kelola Franchise, Tips Membangun Jaringan Waralaba Yang Kuat

Jadi, sudah siapkah Anda mengambil peluang usaha bisnis sembako?