Advertisement

Modal Usaha Bukan Cuma Uang Saja!

Kalau berbicara mengenai modal usaha, pasti langsung terbayang uang yang banyak. Karena, uang bisa digunakan untuk menyewa atau membeli lahan, membeli peralatan dan dipakai modal barang.

Sebagian lagi digunakan untuk modal kerja membeli bahan baku dan biaya operasional serta biaya pemasaran. Padahal sebenarnya wirausaha tidak sesederhana itu, Uang memang diperlukan dalam menjalankan roda usaha, tapi ada modal lain yang lebih penting dan lebih menentukan keberhasilan sebuah usaha. Sebenarnya ada 3 modal  yang akan menentukan keberhasilan suatu usaha, yaitu kepribadian, kreativitas dan profesionalisme.

“Modal Pepribadian”

Modal ini meliputi kemampuan untuk melihat kelebihan dan kelemahan diri sendiri, mampu mengendalikan emosi, serta memiliki motivasi yang tinggi dalam mengerjakan pekerjaan. Mari belajar dari kasus jatuhnya sebuah wirausaha setelah diwariskan kepada generasi berikutnya, kenapa hal ini bisa terjadi? karena hanya bisnisnya saja yang diwariskan tetapi modal kepribadiannya tidak. Tanpa mewariskan modal kepribadian, dan ketrampilan sosial, generasi penerus tidak mendapat ketrampilan mengendalikan emosi, ketrampilan berhubungan dengan orang lain.

“Modal Kreativitas”

Modal ini merupakan kemampuan untuk membuat faktor pembeda dan unik. kita tidak perlu lagi meniru cara-cara yang membuat seorang wirausahawan berhasil. karena, lingkungan selalu berubah. siklus produksi dan siklus usaha juga akan mengalami perkembangan. Dengan modal kreativitas, sesuatu yang biasa saja menjadi memiliki nilai lebih, sesuatu yang sulit menjadi lebih mudah. misalnya, dalam menyiapkan tempat usaha, daripada membeli atau menyewa, kita bisa menawarkan bagi hasil dengan pemilik tempat. atau bahan setengah jadi dengan modal kreativitas disulap menjadi bahan jadi dengan harga dan nilai yang lebih.

“Modal Profesional”

Profesional dalam menghasilkan produk maupun dalam hal pelayanan. wirausahawan yang profesional akan mengerjakan yang terbaik dan berstandart tinggi serta selalu menepati janjinya. Modal ini sangat menentukan terjadinya perulangan pembelian. jika customer puas pada transaksi pertama, customer akan membeli lagi. Dan akan terus berulang sehingga menjadi customer yang loyal. customer yang loyal akan menjadi pembela kita.

Kalau sudah memiliki modal kepribadian, kreativitas dan profesionalisme kita akan memiliki keunggulan dan ke khas an. Customer akan senang  menjalin hubungan kerjasama dengan kita.

Jadi modal usaha itu bukan hanya uang saja! Tapi tidak semua modal usaha harus kita miliki secara pribadi, modal dan ilmu yang dibutuhkan bisa dimiliki banyak orang yang kita dayagunakan secara sinergy. Yang penting kita mengetahui siapa yang memilikinya, kemudian kita melakukan pendekatan dan bekerjasama dengannya, serta membangun sebuah jaringan yang sinergy.

BACA JUGA  Tips Menghindari Krisis Keuangan